Jadi Juara di Bumi Raflesia

Jadi Juara di Bumi Raflesia

Senang banget karena majalah Media Keuangan berhasil meraih dua dari lima penghargaan Gold Winner pada ajang Inhouse Magazine Awards (InMA) yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS), Sabtu (8/2) di Bengkulu. Award-nya diberikan langsung oleh Ketua Umum SPS yang juga Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan pada malam penghargaan yang dihadiri oleh ratusan peserta. Mereka berasal dari latar belakang institusi yang berbeda-beda, mulai dari perusahaan pers, perusahaan swasta nasional, perwakilan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, sampai BUMN. Saking banyaknya peserta yang hadir, ballroom Hotel Santika sampai sesakkk…

Mari kita bahas soal InMA. Pada tahun 2013, InMA diikuti oleh 162 entri dari 54 lembaga dan korporasi. Sementara pada tahun 2014, Media Keuangan bersaing dengan total 201 buah entri dari 55 lembaga dan korporasi untuk memperebutkan predikat majalah internal terbaik kategori pemerintah pusat dan daerah. Penghargaan yang diterima Media Keuangan tahun ini adalah peningkatan dari prestasi tahun sebelumnya. Pada tahun 2013, Media Keuangan Vol.VII/No.56/April 2012 meraih penghargaan Silver Winner. Sementara pada tahun ini, Media Keuangan Vol.VIII/No.67/Maret 2013 dan Media Keuangan Vol.VIII/No.73/September 2013 mendapatkan apresiasi Gold Winner. Alhamdulillah yah… 😀

Ini adalah foto salah satu cover Media Keuangan yang disandingkan dengan cover-cover majalah pemenang lainnya:

 photo medkeuamh_zps4b7eb498.jpg

Dewan juri InMA tahun ini terdiri atas 5 orang ahli di bidang media. Mereka adalah Daniel Surya (Presiden dan Chairman DM-Idholland), Iwan Kurniawan (Fotografer Profesional), Ndang Sutisna (Executive Director First Position), Gunawan Alif (Akademisi UI), dan SAM August Himmawan (Direktur PT Dasa Strategik Indonesia).

Dewan juri menilai sampul muka majalah internal yang dirancang secara cemerlang dan memiliki keunikan dalam menyajikan berita atau fitur, selaras dengan headline yang memikat, gaya desain kreatif, dan penggunaan foto yang baik. Faktor lainnya yang dinilai dalam penjurian adalah berita utama dan dampaknya bagi pembaca, penggunaan warna, nilai seni, penempatan dan kejelasan teks, tulisan, serta pemilihan huruf.

Pada kategori Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, penghargaan Gold Winner juga diperoleh Mediakom Kementerian Kesehatan dan Warta BPK yang diterbitkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Sementara Silver Winner diberikan kepada Media Industri dari Kementerian Perindustrian dan Majalah Komisi Yudisial. Penghargaan Bronze Winner diterima oleh Majalah Jurnal Keluarga yang diterbitkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Majalah Parlementaria DPR.

Penghargaan untuk Media Keuangan diserahkan langsung oleh Pak Dahlan Iskan:
 photo medkeuamh2_zps38f65780.jpg

Penghargaan InMA tahun ini diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Selain InMA, SPS juga memberikan penghargaan Indonesia Print Media Awards (IPMA) yang sudah memasuki tahun kelima penyelenggaraan. Yang baru pada tahun ini, terdapat penghargaan Indonesia Young Readers Awards (IYRA).

Malam penghargaan untuk insan media ini dilaksanakan barengan dengan rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari. Sebelum acara puncak, SPS juga menggelar kegiatan CEO Media Conference dan Rapat Kerja Nasional pada Jumat (8/2). Presiden plus Ibu Negara secara khusus hadir dalam perayaan HPN di bumi raflesia tahun ini.

Foto: Langgeng Wahyu

 

Author Description

Dwinanda Ardhi

Add a comment

Comments (2)

  1. deasy Friday - 28 / 02 / 2014
    Wahhh hebat ya selamat

Add a comment

You must be logged in to post a comment.

Calendar

September 2017
M T W T F S S
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Gallery