Mimpi-Mimpi Gandhi

Mimpi-Mimpi Gandhi

Gandhi Fernando kepalang jatuh cinta dengan dunia film. Saking cintanya, pria 24 tahun itu sampai hijrah ke Amerika Serikat untuk kuliah film dan bisnis di New York Academy dan University of California, Los Angeles. Setelah lulus, baru-baru ini dia menyapa penonton Indonesia melalui film The Right One. Tak tanggung-tanggung, di film perdananya, Gandhi langsung menjadi produser sekaligus pemeran utama.

Saya bertemu dengan Gandhi di sebuah kafe beberapa waktu lalu. Menurut Gandhi, membuat film sendiri memang sudah menjadi cita-citanya sejak lama. Melalui The Right One, impian itu kini sudah terwujud. Namun, Gandhi mengaku belum puas. Pria blasteran India-Manado itu ingin membuat film berkualitas yang ditonton jutaan orang dan go internasional.

Gandhi masih ingat betul pengalamannya menonton film The Raid 1 di bioskop Amerika Serikat. Sebagai sineas dan orang Indonesia yang saat itu sedang tinggal di sana, Gandhi sangat bangga karena film Indonesia diapresiasi dengan sangat baik di negara yang industri perfilmannya sudah sangat maju. ”Bioskopnya ramai banget dan betapa saya bangga bisa menyaksikannya. Saya berharap tidak hanya The Raid yang bisa seperti ini,” kata Gandhi.

Gandhi, sineas masa depan Indonesia

Di Negeri Paman Sam, Gandhi sebenarnya sempat pula menjajal dunia akting. Pengalaman bekerja di industri Hollywood dan ilmu yang didapatnya dari kampus menjadi bekalnya untuk berkarya di tanah air. Pengagum Sutradara Joko Anwar ini ingin membuat film dengan proses dan standar kerja yang jelas seperti di Amerika Serikat. Misalnya soal jam kerja. ”Di sana, waktu kerjanya manusiawi, delapan jam per hari seperti orang kantoran. Kalau melebihi itu (durasinya), produser harus bayar denda,” ungkap Gandhi. Sementara dengan ilmu dari kampus, Gandhi belajar menghayati peran, teknik penyutradaraan, penulisan skenario, pengambilan gambar, hingga tata suara. Bahkan dia juga belajar manajemen bisnis hiburan. “Saya belajar juga bagaimana mengelola rumah produksi,” kata dia.

Menurut Gandhi, sebenarnya melakukan promosi dan mengatur distribusi sebuah film lebih sudah dibandingkan dengan proses pembuatannya. Lewat Renee Pictures, rumah produksi yang didirikan sendiri, Gandhi membuktikan hal itu. Berbeda dengan di Amerika Serikat, rumah produksi di tanah air menjalankan peran tambahan sebagai distributor. Hal inilah yang membuat pekerjaan distribusi film di Indonesia menjadi lebih susah.

Meskipun diakui Gandhi industri perfilman Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan untuk maju, dia tetap yakin dengan passion dan pilihan kariernya. Film The Right One dan rumah produksi Renee Pictures menjadi wujud keseriusannya sebagai sineas. ”Prinsip saya satu, there is no back up plan, tak ada rencana cadangan. Saya sudah tahu apa yang akan saya lakukan dan kalau gagal, saya akan coba lagi sampai sukses,” kata Gandhi.

Gandhi mengungkapkan bahwa dia sudah berhasil mewujudkan mimpi membuat film. Pekerjaan rumah selanjutnya adalah membuat karya yang diterima seluruh masyarakat. Oleh karena itu, dia berharap perbaikan-perbaikan untuk pembuatan berbagai film yang akan dia kerjakan selanjutnya. Cara kerja di industri Hollywood dengan sistem syuting “sehat”, dimana baik kru maupun pemain dan deretan sineas sama-sama bekerja tak lebih dari delapan jam kerja, juga akan terus dia implementasikan. Tentang target produksi, Gandhi ingin membuat minimal satu film dalam setahun. ”Saya ingin membuat film Indonesia berkualitas, yang dibuat dengan niat,” pungkas Gandhi.

Gandhi ingin membuat film berkualitas

 

Author Description

Dwinanda Ardhi

Add a comment

Comments (1)

  1. rina Sunday - 01 / 06 / 2014
    wah keren ternyata masih ada generasi muda bangsa yang masih peduli pada kualitas film Indonesia, salut dengan Gandhi. Walaupun telah lama di negara Paman Sam, kecintaan gandhi akan tanah air masih terus ada,, ingin memajukan perfilman Indonesia,,membuat film yang berkualitas, meskipun akan butuh waktu yang lama untuk itu, SEMNGAT gandhi..terima kasih atas ulasannya Dwinanda..

Add a comment

You must be logged in to post a comment.

Calendar

September 2017
M T W T F S S
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Gallery