• Kembali ke Bengkel

    Uncategorized

    Read more
  • Kipas Tanda Mata

    Uncategorized

    Read more
  • Chatib Basri: Sebuah Catatan tentang Menteri Kesayangan

    (Not Really) Diary

    Read more
  • Oleh-Oleh dari Aceh
  • Oleh-Oleh dari Aceh
  • Oleh-Oleh dari Aceh
Oleh-Oleh dari Aceh

Oleh-Oleh dari Aceh

Berkunjung ke suatu daerah belum lengkap rasanya jika tak mencoba kuliner khasnya. Di Aceh, saya berkesempatan untuk mencicipi beberapa sajian istimewa. Yang pertama adalah Mie Rajali. Rumah Makan Mie Rajali terletak di Jl. Panglima Polim No.83. Pada kunjungan terakhir saya memesan Mie Kepiting seharga Rp30.000 dan Jus Mentimun seharga Rp10.000. Mie goreng kepiting di sini sungguh enak dan khas rasanya. Anda bisa memesan rasa pedas dan enggak pedas. Selain itu bisa juga melihat proses memasaknya.

Selain Mie Rajali, saya juga sempat menyantap Ayam Tangkap. Sebenarnya, pada intinya ini adalah ayam goreng. Yang berbeda, cara penyajiannya adalah dengan dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan daun temburu dan cabe hijau. Nah, daun temburu dan cabe hijau itulah yang memberikan cita rasa berbeda pada Ayam Tangkap. Saya menikmati menu ayam tangkap ini di Rumah Makan Cut Dek.

Saat berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan juga untuk makan durian di pinggir jalan. Di beberapa ruas jalan di Banda Aceh, Anda bisa temukan deretan mobil-mobil bak terbuka yang menjual durian. Asyiknya, kita bisa makan durian itu di tempat. Penjual biasanya menyediakan kursi dan meja panjang agar para pembeli bisa makan durian sambil mengobrol sekaligus melihat jalanan Aceh.

Nah, yang ini yang membuat saya “iri” dengan masyarakat Banda Aceh. Di kota itu, bertaburan kedai kopi dengan harga yang terjangkau. Kedai-kedai ini seperti tempat nongkrong anak-anak muda Aceh. Kopi-kopi yang disediakan adalah kopi lokal. Para pemilik kedai biasanya menyediakan fasilitas free wi fi sehingga kita bisa nongkrong pun jadi lebih asyik. Saya sempat mencicipi kopi-kopi Aceh yang mantab (pake “b”) di tiga tempat yang berbeda. Semuanya rasanya enak dan saya suka! Apalagi harganya juga murah. Hehehe…

Terakhir, jika Anda ingin membeli oleh-oleh souvenir khas Aceh, Toko Putroe Aceh bisa menjadi referensi. Di sini cukup banyak pilihan yang bisa Anda bawa pulang. Mulai dari kerajinan hingga panganan-panganan dalam kemasan yang cocok sebagai buah tangan.

 

Author Description

Dwinanda Ardhi

No comments yet.

Add a comment

Calendar

December 2014
M T W T F S S
« Nov    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Gallery