Rekor MURI untuk Album Baru

Rekor MURI untuk Album Baru

Penyanyi Rossa kembali mendapatkan kepercayaan untuk mengisi original soundtrack (OST) sebuah film. Yang spesial, kali ini Rossa menyanyikan lagu untuk film yang diangkat dari kisah hidup sahabatnya, almarhum Ustadz Jefry Al Buchori, berjudul Hijrah Cinta. “Lagu ini terasa sangat berbeda karena dibuat untuk sahabat sendiri,” kata perempuan kelahiran Sumedang, 9 Oktober 1978 itu.

Rossa bercerita bahwa lagu Hijrah Cinta sebenarnya sudah selesai dibuat saat filmnya masih berupa sinopsis. Dia meminta sahabatnya, Melly Goeslaw, untuk secara khusus menulis lagu tentang almarhum Uje. Menurut penyanyi bernama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani tersebut, isi lagu Hijrah Cinta sangat sarat makna. “Liriknya menggambarkan jalan hidup Uje dari waktu masih ‘berantakan’ sampai akhirnya jadi ustadz,” ungkap Rossa yang sudah bersahabat dengan almarhum dan Pipik—istrinya—sejak tahun 2008.

Selain mengeluarkan single untuk film yang menurut rencana dirilis pada tanggal 24 Juli itu, Rossa juga baru saja mengeluarkan album baru. MURI secara khusus memberikan penghargaan karena album ini berhasil mencatatkan penjualan 100 ribu keping CD pada saat dirilis. Dalam satu bulan, penjualannya mencapai 250 ribu keping. “Rasanya senang sekali karena ini baru pertama kali terjadi dalam karier bermusik saya,” kata Rossa yang memulai karier profesional sejak tahun 1996.

 photo foto11_zps490bab35.png

Rossa bersyukur album barunya mendapat sambutan bagus. Apalagi proses penyusunan album ini memakan waktu yang cukup lama, yaitu dua tahun. Dalam membuat setiap karya, ibu satu anak itu mengaku tak ingin nanggung. “Saya tidak mau menghasilkan karya yang biasa-biasa saja,” ungkapnya. Oleh karena itu, dalam setiap albumnya, Rossa tak ingin hanya ada satu atau dua lagu yang enak didengar, termasuk di album terbarunya. Selain lagu-lagu yang bagus, Rossa menilai albumnya kali ini dibuat lebih matang, baik dari segi lirik, aransemen musik, maupun kemasan.

Di panggung musik tanah air, nama Rossa mulai dikenal sejak mengeluarkan album Nada-Nada Cinta. Saat itu dia baru lulus SMA. Saat dihadapkan pada pilihan antara bermusik dan melanjutkan pendidikan, Rossa memilih yang kedua. Dia sempat vakum selama 3 tahun ketika menempuh kuliah di Universitas Indonesia. “Waktu itu lebih cendrung untuk belajar, jadi agak sulit mengumpulkan lagu-lagu untuk album,” kata Rossa.

Tiga tahun setelah album perdananya dirilis, Rossa mengeluarkan album Tegar yang melambungkan namanya. Dari situ, karier dan popularitasnya terus naik. Selama tahun 2008 hingga 2011, Rossa bahkan menggelar 4 konser tunggal berturut-turut. Tak hanya di dalam negeri, konser itu juga diselenggarakan di Singapura dan Malaysia. Rossa juga sempat membuat single duet dengan penyanyi Singapura, Taufik Batisah. Lewat lagu “Aku Bersahaja”, mereka mendapatkan penghargaan best collaboration pada ajang Anugerah Planet Muzik tahun 2012.

 photo NewImage_zps12272a08.jpg

Ke depan, Rossa ingin tetap dapat menghasilkan karya-karya yang disukai masyarakat. Selain itu, dia juga ingin mengembangkan bisnis karaoke. Saat ini, lewat label Diva, Rossa telah memiliki lebih dari 40 outlet karaoke keluarga di seluruh Indonesia. Rossa benar-benar menjaga citra Diva. “Saya ingin Diva dikenal sebagai tempat karaoke yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan jauh dari kesan buruk tentang bisnis karaoke,” katanya. Selain karaoke keluarga, Rossa juga tengah mengembangkan bisnis pakaian dengan merek namanya sendiri.

 

Author Description

Dwinanda Ardhi

No comments yet.

Add a comment

You must be logged in to post a comment.

Calendar

September 2017
M T W T F S S
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Gallery