• Apakah Semua Orang Sama?

(Not Really) Diary

Read more
  • Pelajaran yang Tak Pernah Usai

• Hidup di Jalan Tuhan

(Not Really) Diary

Read more
Singapore Day 4: So Long Singapore!

Hari Rabu, 25 Juli 2012 adalah hari terakhir kami di Singapura. Dengan energi makan sahur berupa paket Mc D 😛 , hari ini kami akan mengunjungi kawasan Orchard Road dan Singapore Zoo. Sebelumnya kami telah terlebih dahulu check out dari hotel. Walaupun sudah check out, barang-barang tetap bisa kami titipkan di sana. Dari stasiun MRT Farrer Park, kami turun di stasiun Orchard. Stasiun ini letaknya menyatu dengan mall Ion Orchard. Jadi keluar stasiun kita bisa langsung masuk pusat perbelanjaan.

Sebagai salah satu mall yang megah dan besar di Singapura, ada merek-merek mahal dan mewah seperti Prada, Loius Vitton , Dior, dan Dolce & Gabbana, dan lain-lain. Desain arsitektur mall ini menurut saya keren, ikonik, dan futuristik. Beginilah foto-foto Ion Orchard:

Pada dasarnya di kawasan Orchard Road kita bisa banyak mendapatkan pilihan dalam berbelanja. Yang cukup menyenangkan adalah trotoar di kawasan ini lebar-lebar sehingga para pedestrian dapat lebih leluasa dalam berjalan kaki dan menikmati pemandangan. Setelah lihat-lihat di Ion Orchard, kami menyeberang ke Lucky Plaza. Pada dasarnya sama aja, tempat belanja. Tapi mall ini kelasnya di bawah Ion Orchard dengan harga-harga barang yang lebih murah. Di sini kita bisa membeli oleh-oleh pernak-pernik Singapura yang relatif tidak menguras dompet juga.

Sayangnya kami tiba tepat ketika gelaran tahunan The Great Singapore Sale selesai. Pada tahun ini, kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 25 Mei-22 Juli 2012. Konon selama dua bulan kemarin, kita bisa mendapatkan berbagai produk fashion, aksesoris, elektronik, mainan anak, dan lain-lain dengan diskon yang besar-besaran. Promosinya bahkan bukan hanya berupa potongan harga. Tapi termasuk juga menginap di berbagai hotel dengan harga spesial.

Dari kawasan belanja populer, kami beralih ke kebun binatang. Dari stasiun MRT Orchard, perjalanan dilanjutkan ke stasiun MRT Ang Mo Kio. Untuk dapat menuju ke Singapore Zoo, kami melanjutkan perjalanan dengan bis SBS 138. Lokasinya sendiri berada di 80 Mandai Lake Road. Biaya naik bis dari Ang Mo Kio ke Singapore Zoo ini 1,9 SGD per orang. Selain dengan rute di atas, kita juga bisa mencapai Singapore Zoo dengan naik MRT ke Choa Chu Kang Station (NS4) dan kemudian disambung dengan naik bis SMRT 927.

Menurut http://www.wrs.com.sg/parks-info-about-parks.html, Singapore Zoo didirikan lebih dari 30 puluh tahun yang lalu. Dibangun di atas tanah seluas 26 hektar, kebun binatang ini menjadi rumah bagi lebih dari 2800 binatang yang terdiri atas 300 spesies mamalia, burung, dan reptil. Singapore Zoo mendapat penghargaan Best Leisure Attraction Experience pada Pergelaran ke-22 Singapore Tourism Award tahun 2008. Selain Singapore Zoo, obyek wisata yang mirip dan juga terkenal adalah Jurong Bird Park dan Night Safari.

Beberapa atraksi menarik bisa kita ditemui dalam beberapa zona di tempat ini, seperti Elephants of Asia, Fragile Forest, Free-Ranging Orang Utans, The Great Rift Valley of Ethiopia, dan Australian Outback. Di sini juga ada wahana bermain bagi anak yang diberi nama Ranforest Kidzworld. Enggak berhenti sampai di situ, pada jam-jam tertentu kita juga bisa menyaksikan Blockbuster Shows, seperti misalnya pertunjukkan gajah di Elephants at Work and Play, lalu juga ada Rainforest Fights Back, Animal Friends Show, dan Splash Safari. Kebun binatang ini buka dari jam setengah 9-6 sore.

Di bawah ini adalah beberapa pemandangan yang bisa kita temui di Singapore Zoo:

Tiket masuk obyek wisata ini seharga 20 SGD untuk dewasa dan 13 SGD untuk anak-anak. Kita juga bisa memilih paket tiket masuk+naik boat+naik tram dengan membayar 27 SGD. Kalau naik tram, keistimewaannya adalah kita bisa berkeliling kebun binatang tanpa kaki pegel-pegel. Tapi kalau mau lebih lama berada di sebuah zona, maka kita mesti turun dan masuk ke dalam zona tersebut. Tram ini Cuma lewat gitu istilahnya.

Sementara kalau kita naik boatnya, kita bisa melihat bagaimana Singapura membangun reservoir di area kebun binatang dan sekaligus menjadikannya obyek wisata. Yang jelas naik boat ini cukup keren dan menarik.

Setelah capek berkeliling kebun binatang ini, kami kembali ke hotel. Dari situ, kami kemudian naik taksi ke Bandara Changi. Biaya naik taksi dari Little India ke bandara sekitar 25 SGD. Kami tiba sesaat sebelum buka puasa. Menu buka puasa sore itu dipilih berdasarkan lokasi duduk kami yang terdekat, yaitu Pizza Hut. 😛

Selesai buka puasa, kami menuju boarding room. Kami menunggu di luar sampai boleh dipersilakan masuk ke dalam. Pelajaran yang sangat berharga saya dapatkan pada saat-saat ini. Ketika memasuki pemeriksaan X-Ray, ya standar sih, saya mesti melepaskan ikat pinggang dan menaruh handphone dan dompet ke wadah plastik. Nah ketika dompet keluar dari saku celana itulah, saya enggak terlalu ngeh apakah dia sudah kembali dengan sempurna ke tempat awalnya. Saya baru sadar bahwa dompet saya enggak ada ketika mau keluar pesawat di bandara Soekarno-Hatta.

Ketika dicari lagi oleh petugas maskapai penerbangan asal Malaysia yang saya naiki, ternyata benda itu tidak ada di dalam pesawat. Saya pun membuat surat keterangan di bagian Lost and Found. Mereka berkata akan membantu mengirimkan email ke airport authority bandara Changi. Keesokan malamnya saya mendapatkan telepon dari mereka bahwa dompet saya tidak ditemukan di sana. Saya sebenarnya sudah pasrah, kalau ketemu syukur, kalau enggak ya sedih sih, tapi mau gimana lagi.

Yang ingin saya katakan adalah bahwa saya sebenarnya berekspektasi bahwa staf pihak maskapai akan memberikan reaksi yang lebih helpful, ramah, dan menunjukkan empati kepada penumpang yang tengah kehilangan. Tapi yang saya rasakan bantuan yang diberikan benar-benar biasa dan datar. Bahkan ketika menelepon saya keeseokan malamnya pun nada bicara yang terdengar seolah ogah-ogahan.

Lesson learned: Alhamdulillah saya tidak membawa semua kartu dan surat-surat penting di dalam dompet. Tapi yang terbawa dan hilang juga penting-penting sih, seperti KTP, SIM, dan kartu ATM. Saran saya, sebaiknya kalau bepergian keluar negeri tak terlalu perlu kita membawa kartu identitas Indonesia kita seperti KTP dan SIM. ATM pun kalau punya lebih dari 1, jangan dibawa semua. Bawa 1 yang bisa dipakai tarik tunai di ATM internasional sebagai jaga-jaga rasanya sudah cukup. :)

Semoga kejadian ini meningkatkan awareness kita bersama dan menjadi petunjuk dari Yang Di atas agar kita lebih berhati-hati. :)

Foto: dokumentasi penulis

Author Description

Dwinanda Ardhi

Add a comment

Comments (6)

1. Octa Dwnanda Friday - 14 / 09 / 2012
    eh, punya blog juga toh mas..... :)
  2. Dwinanda Ardhi Friday - 14 / 09 / 2012
    Iya Pak Octa, sudah sejak lama pingin buat, tapi baru jadi belakangan ini..terima kasih sudah berkunjung Pak :D
  3. Teguh Prasetyo Friday - 05 / 10 / 2012
    Hi, I hope it's not too late to leave some comments.. hehe All I wanna say is congratulations on your very own webstie. You know from blog posts, kompasiana, and now a homepage, I guess it feels randomly like having a house for ur own, doesn't it? :D Oh, and I find this very helpful, especially your posts about S'pore trip. There's something I'd like to ask, actually. umm, BBM maybe. :D
  4. Dwinanda Ardhi Sunday - 07 / 10 / 2012
    Hi Teguh, terima kasih sudah mengikuti tulisan-tulisan aku dari "rumah-rumah" sebelumnya. Boleh banget kalau mau tanya-tanya soal Singapore...tapi kalau balesnya agak lama mohon dimaklumi yaa..24 jam sehari lagi berasa kurang akhir-akhir ini :D
  5. gdsantoso Thursday - 11 / 10 / 2012
    ayuk om, diupdate lagi, uda tanggal berapa ini ^^
    • Dwinanda Ardhi Wednesday - 17 / 10 / 2012
      Guroh,,,,, Selamaaaatttt atas kelahiran putri pertamanya....kecup jauh buat Citrahayi Abinaya dari Om Ardhi :* Salam buat Desiii juga Gur... Guroh, aku tidak menyangka kamu komen dan mampir kesini loh... *terharu* hehehehe

Add a comment

You must be logged in to post a comment.