‘Naik Kelas’ di Anugerah Media Humas

‘Naik Kelas’ di Anugerah Media Humas

Yeay!! Saya baru saja pulang dari Solo, minggu lalu. Walaupun rumah Bapak dan Ibu di Semarang–yang mana enggak terlalu jauh dari Solo, tapi kayanya ini adalah kunjungan pertama kalinya ke sana. Dan ternyata kotanya rapi jali Saudara-saudari..

Anyway, ngapain ke Solo?

Tujuan ke sana adalah untuk hadir di acara Pertemuan Bakohumas Nasional dan Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2013.

Pertemuan itu kayak ajang ngumpulnya humas-humas pemerintah dari seluruh Indonesia gitu. Jadi acaranya humas pemerintah abis. Ballrom Hotel Sunan yang jadi lokasi pertemuan keliatan penuh banget dengan kehadiran sekitar 700 orang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote (ada enggak ya.. :D).

Sebelum pengumuman AMH, sepanjang pagi-sore ada talkshow gitu. Pembicara yang datang antara lain Suryopratomo dari MetroTV, Ketua KPU Husni Kamil Malik, dan Mantan Ketua MK Mahfud MD.

Setelah acara diskusi, malam harinya berlangsung penganugerahan AMH. Nah, AMH adalah ajang apresiasi bagi karya kehumasan yang berperan bagus dalam komunikasi pemerintah. AMH udah diselenggarakan sejak tahun 2006 oleh Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah di bawah naungan Kementerian Kominfo. Tahun ini, ada 5 kategori media yang dilombakan, yaitu penerbitan media internal, laporan kerja humas tahun 2012, pelayanan informasi melalui internet (website), advertorial, dan merchandise utama.

Peserta yang ikut berkompetisi dalam AMH tahun ini banyak juga lho, jumlahnya 142 instansi dan terbagi dalam 2 kategori. Kategori pertama adalah kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, BUMN, dan perguruan tinggi. Sementara kategori kedua adalah pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota.

Tim juri AMH 2013 terdiri atas Subagio (Tenaga Ahli Kemkominfo), Donny Budhi Utoyo (Detik.com), Jamiluddin Ritonga (Akademisi), Usman Kansong (Media Indonesia), dan Ahmed Kurnia Soeriawidjaja (Profesional). Setelah melalui proses penjurian, terpilihlah para nominasi sebagaimana tampak di bawah ini:

 photo nominasi_zps26086609.jpg

Eh di gambar itu cuma 4 nominasi kategori ya…hehehe…

Satu kategori yang enggak sempat diambil fotonya adalah Advertorial. Pemenang untuk kategori ini adalah Kemendikbud dan Pemprov Jawa Barat.

Kemenkeu tahun ini menjadi nominator untuk dua kategori, yaitu Merchandise Utama dan Laporan Kerja Humas. Cukup surprise juga dengan hasil ini. Tahun lalu, kami juga masuk 2 nominasi, yaitu penerbitan media internal dan pelayanan informasi melalui internet. Namun, saat itu kami pulang dengan tangan hampa.. *hiks*

Sementara tahun ini, Laporan Kerja Humas yang kami kirimkan adalah laporan tingkat kementerian yang baru pertama kali dibuat oleh biro tempat saya bekerja. Dan sebagai yang pertama, perkerjaan ini masuk KPI saya dan Mbak Ita. Alhamdulillah banget setelah melewati fase stres dan frustasi karena ini adalah laporan yang baru pertama kali banget dibikin dan juga deadline pengumpulan materi lomba yang mefet banget, laporan kita ternyata bisa langsung tembus ajang perlombaan tingkat nasional. *bigsmile*

Ini foto nominasi laporan kerja humas:

 photo laporankerja_edited_zpsad055c13.jpg

Sementara untuk kateogri merchandise utama, awalnya kami sempat kebingungan karena biro tempat saya bekerja enggak buat merchandise dan enggak ada anggaran untuk itu. Akhirnya kita ngehubungin berbagai unit yang punya merchandise utama dan mengirimkannya ke panitia AMH, di saat yang sudah dekat banget sama deadline.

Ini foto nominasi merchandise utama:

 photo merch_zps6335047b.jpg

Pada malam penganugerahan, Kemenkeu keluar sebagai Juara Kedua kategori Merchandise Utama dan Juara Harapan I kategori Laporan Kerja Humas. Alhamdulillahhhh…rasanya kayak ‘naik kelas’. Kami bersyukur bisa bersaingh dengan peserta lain di ajang kompetisi ini.

 photo panggung_zps3eebe00d.jpg

Dan sebagai kenang-kenangan, tim pelaksana Kemenkeu (Farida, Ardhi, dan Mbak Ita) yang mempersiapkan materi lomba pun berfoto bersama… 😀

 photo amh_zps19a93694.jpg

Foto: Dianita Suliastuti

 

Author Description

Dwinanda Ardhi

Add a comment

Comments (2)

  1. treewahyu Sunday - 24 / 11 / 2013
    uwow...kalian keren dan hebat... sukses selalu ya... hemm,,tempat pelaksanaannya di the sunan hotel ya? aku pernah ke sana...nimbrung persiapan pernikahan yg mau dilaksanakan dsana...:-)
  2. Dwinanda Ardhi Sunday - 24 / 11 / 2013
    thanksss tri..amiiinn...semoga kamu sukses juga...hehehe..iya di hotel sunan, denger-denger sih hotel bintang 5 pertama di Solo.. :D

Add a comment

You must be logged in to post a comment.

Calendar

November 2017
M T W T F S S
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Gallery